10 Tools Untuk Membuat Presentasi Online, Video dan Animasi


Screen_Shot_2014-05-16_at_4_56_16_PM
Tools presentasi online bisa membantu kita untuk membuat konten secara cepat, seperti demonstrasi produk untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Biasanya dari slide presentasi yang sudah ada bisa kita olah kembali menjadi presentasi yang lebih menarik menggunakan tools ini. Kelebihannya kita bisa menambahkan video atau animasi tertentu, bahkan bisa langsung membagikannya ke sosial media, hebat kan?
Ingin tahu apa saja tools presentasi online tersebut? Mari kita dibawah ini.

1. Prezi

Jika banyak anggapan bahwa slide presentasi itu monoton dan terlihat membosankan, maka tidak dengan Prezi. Prezi adalah tool presentasi berbasis cloud yang menyajikan presentasi dengan cara baru yang lebih interaktif. Prezi menggunakan fitur zoom in, zoom out untuk menampilkan slide presentasi. Terdapat beberapa template profesional yang siap digunakan, juga kita bisa mencari banyak inspirasi dari Prezi library. Prezi memiliki dua versi yaitu free dan pro, free (gratis) untuk presentasi publik, sedangkan yang pro ($10/bulan) untuk fitur yang lebih lengkap, seperti edit presentasi secara offline menggunakan Prezi for Mac dan Windows.
Prezi

2. Haiku Deck

Haiku Deck adalah tool presentasi untuk membuat dan berbagi cerita dengan gambar high-impact dan desain yang bagus. Haiku Deck didukung dengan lebih dari 35 juta gambar gratis dan 6 tema gratis. Kita juga bisa menggunakan gambar, diagram, atau grafik sendiri. Haiku Deck tersedia untuk web atau iPad. Harga: Free. Untuk tema dan gambar premium dari Getty Images bisa kita peroleh dengan membelinya di iPad.
Haiku-Deck

3. Google Slides

Google Slides adalah tool presentasi yang dilengkapi Google Docs dan Sheet. Ini adalah tool kolaborasi dimana kita bisa mengedit secara real-time dan chatting dengan orang lain di dalam presentasi. Setiap perubahan yang kita lakukan akan otomatis disimpan saat mengetik. Gunakan revision history untuk melihat beberapa perubahan yang kita lakukan, berdasarkan tanggal, siapa saja yang melakukan perubahan. Kita juga bisa mengaktifkan fitur editing offline. Harga: Free.
Google-Slides

4. Slides

Slides adalah tool presentasi online yang menggunakan reveal.js, sebuah open-source presentation framework. Slides merupakan platform yang mudah digunakan dengan CSS editor, revision history, variasi tema dan transisi. Presentasi juga bisa di kontrol menggunakan perangkat mobile (touchscreen). Harga: Free untuk public decks dan penyimpanan 250MB. Sedangkan untuk versi pro $6/bulan.
Slides

5. Visme

Visme adalah tool presentasi online yang mudah digunakan untuk membuat konten visual. Visme merupakan platform tunggal, dengan banyak template, untuk membuat infografis, presentasi, diagram, banner web, animasi, dan resume. Visme dilengkapi lebih dari 100 font, ribuan vector assets gratis, dan graph tools. Kita bisa menshare secara online, embed ke website, atau men-downloadnya untuk digunakan secara offline. Harga: Free maksimal untuk 3 project. Sedangkan versi berbayar $6/bulan.
Visme

6. PowToon

PowToon adalah aplikasi sederhana dan user-friendly yang memungkinkan kita untuk membuat presentasi dengan animasi yang menarik. Menggunakan step-by-step interface untuk menghidupkan presentasi dengan karakter yang lebih dinamis, gambar, dan teks aktif berurutan. Harga: Free dengan watermark. Versi Pro $19/bulan.
PowToon

7. Empressr

Empressr adalah tool untuk membuat presentasi online dengan fitur yang lengkap. Kita bisa upload media assets sendiri seperti video, audio, gambar, dan animasi ke Empressr media library, atau bisa dengan import langsung dari Flickr, Google, Yahoo, dan Photobucket. Track siapa saja audiens yang berinteraksi dengan slide yang kita buat. Kita juga bisa masukan feedback langsung untuk audiens selama presentasi. Harga: Free.
Empressr

8. RawShorts

RawShorts membantu kita untuk membuat explainer, demo, dan video marketing untuk website dengan online video builder. RawShorts menyediakan video template dengan live animasi dalam berbagai kategori bisnis. Setelah kita selesai membuat video, RawShorts juga menawarkan layanan voice-over, tapi masih versi beta. Harga: Free dengan watermark, untuk versi berbayar adalah $49/bulan.
RawShorts

9. VideoScribe

VideoScribe adalah tool presentasi online yang menggunakan animasi whiteboard style. VideoScribe membuat garis halus dari gambar yang kita pilih untuk dibentuk menjadi animasi yang profesional. VideoScribe dilengkapi dengan 1000 gambar royalty-free, musik, dan fonts. Kita bisa menambahkan artwork sendiri, voiceovers, dan branding. VideoScribe juga menawarkan ruang penyimpanan tidak terbatas. Harga: $16.50/bulan.
VideoScribe

10. SlideShare

SlideShare adalah sebuah komunitas untuk berbagi konten presentasi profesional. Kita bisa dengan mudah mengupload dan berbagi presentasi, infografis, dokumen, video, PDF, dan webinar. SlideShare terdiri lebih dari 15 juta upload, baik dari perorangan maupun organisasi, mulai dari topik teknologi dan bisnis, hingga ke travel, kesehatan dan pendidikan. Harga: Free.
SlideShare
Itulah 10 tools presentasi online yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik dan asik. Selamat

Share this :

Previous
Next Post »