Sistem Operasi Android Diserang Malware Jenis Baru Setiap 14 Detik

Sistem Operasi Android merupakan sistem operasi perangkat mobile terpopuler saat ini. Jutaan perangkat di seluruh dunia telah menjalankan sistem operasi milik Google ini. Dengan jumlah penggunanya yang sangat besar dan semakin meningkat setiap waktunya, kerentanan terhadap serangaran program jahat juga akan semakin tinggi.
Android Malware (Kredit: Talkandroid)
Android Malware (Kredit: Talkandroid)
Hal ini dibuktikan dengan sebuah laporan hasil penelitian oleh, G DATA, yang merupakan perusahaan penelitian keamanan asal Jerman. Pada laporan hasil penelitian terbarunya, mengungkapkan bahwa serangan malware terhadap sistem operasi Android belum menunjukan angka yang mereda. Bahkan dalam laporannya, perkembangan jenis malware yang menyerang Android meningkat 25 persen pada kuartal pertama tahun 2015 ini.
Menurut laporan dari CTV News, G Data menemukan jenis malware baru yang menyerang sistem operasi Android setiap 14 detik. Hal sama terlontar dari laporan yang telah dirilis oleh Trend Micro, yang mengungkapkan bahwa ancaman terhadap sistem operasi Android mengalami peningkatan.
Keduanya sepakat menyatakan bahwa aksi penyerangan dan peretasan sistem operasi Android akan terjadi hingga menyentuh angka 8 juta serangan sepanjang tahun 2015 ini. Hal ini merupakan kabar yang tidak menyenangkan bagi pengguna perangkat Android, mengingat pengguna sistem operasi ini merupakan yang terbanyak penggunanya di dunia. Aplikasi-aplikasi dan game yang tersebar bebas diyakini sebagai sumber malware berasal.
Android sendiri saat ini sudah memiliki jutaan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store, dan juga masih banyak aplikasi-aplikasi gratis lain yang beredar di luar Play Store.

Share this :

Previous
Next Post »