8 Trik Marketing Ecommerce Yang Perlu Kamu Tahu


marketing
Teknik marketing ecommerce yang baik bisa menjadi kunci kesuksesan bisnis online dan meningkatkan penjualan. Cara sederhananya adalah dengan memahami psikologi orang untuk menciptakan perasaan takut, gembira, dan senang yang bisa mempengaruhi pengambilan keputusan mereka.
Gunakan 8 trik marketing ecommerce berikut ini untuk mempengaruhi perilaku pembelian pengunjung, sehingga bisa meningkatkan tingkat konversi.
1. Stok barang terbatas
Kenapa kita tidak pernah melihat status “stok banyak, stok melimpah, dll” pada halaman produk e-commerce? Karena cara tersebut tidak akan memotivasi calon pembeli untuk mengambil tindakan.
Contoh Amazon, rata-rata merchants biasanya hanya memasukan persediaan barang kurang dari 20 item. Persediaan barang tetap disimpan, tapi jumlah item yang ditampilkan di halaman produk dibuat terbatas. Dengan menunjukan jumlah produk yang terbatas bisa mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli.
2. Waktu pembelian terbatas
Jika tadi adalah stok barang yang terbatas, trik lain adalah membatasi waktu pembelian. Memberikan tenggat waktu ke dalam keputusan pembelian pelanggan adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan potensial. Ini adalah taktik populer yang digunakan oleh situs lelang dan situs penjulan pribadi. Groupon.com adalah contoh situs dengan penawaran yang terbatas.
Menciptakan urgensi dengan hitungan mundur akan mempengaruhi pemikiran orang dengan cepat. Karena harga yang mereka lihat sekarang mungkin tidak akan tersedia lagi ketika tenggat waktu berakhir.
3. Anda hemat 34%!
Cara yang paling umum digunakan oleh perusahaan e-commerce adalah dengan menampilkan harga asli di sebelah harga diskon, dan menyertakan berapa persen yang bisa dihemat dari pembelian tersebut.
Secara psikologis trik ini sangat bisa mempengaruhi pemikiran calon pembeli, karena rata-rata orang selalu tergiur dengan berapa persen diskon yang ditawarkan.
4. Rekomendasi pilihan terbaik
4
Trik lainnya adalah dengan menampilkan beberapa pilihan yang sama pada titik harga yang berbeda. Cara ini biasanya banyak di temui pada produk perangkat lunak (softwre), dimana terdapat beberapa pilihan versi biasa, baik, dan terbaik. Biasanya pilihan terbaik dibuat menonjol diantara berbeda pilihan lainnya.
5. Belanja diatas 300 ribu gratis ongkos kirim
Gartis ongkos kirim merupakan hal yang banyak dicari oleh pembeli. Tapi, kebanyakan dari penawaran pengiriman ini bergantung pada jumlah minum order.
Sebenarnya ada strategi lain yang lebih baik ketimbang harus memenuhi jumlah minimu order, yaitu dengan jumlah total pembelian sekian rupiah. Strategi ini bisa digunakan untuk meningkatkan rata-rata nilai pesanan dan menutupi biaya pengiriman bagi perusahaan e-commerce.
6. Jaminan 100% uang kembali, garansi seumur hidup, gratis biaya pengembalian
Strategi ini adalah salah satu cara untuk membangun kredibilitas situs e-commerce, selain itu cara ini juga telah terbukti bisa meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
Jika seseorang membeli produk dengan garansi seumur hidup atau kebijakan pengembalian produk gratis, maka mereka akan lebih nyaman dengan keputusan yang diambil daripada membeli produk serupa tapi tanpa ada jaminan sama sekali.
7. Kode kupon
Selain diskon produk secara langsung, kebanyakan pembeli juga tertarik untuk mencari kode kupon yang bisa mereka gunakan ketika melakukan checkout. Biasanya setiap kupon memiliki nilai yang berbeda-beda, jadi buatlah beberapa kupon dengan nominal tertentu untuk pelanggan kita.
Menurut studi dari PayPal, bahwa sebanyak 27% pembeli online yang meninggalkan keranjang belanja adalah karena tidak tersedianya kode kupon.
8. Proses checkout yang cepat
Proses checkout yang cepat dan tidak ribet juga menjadi pertimbangan para calon pembeli. Trik e-commerce ini menghemat biaya dan waktu yang terkait dengan proses pemesanan. Kenapa cara ini banyak disukai? Karena kita tidak perlu banyak mengetikan isian untuk menyelesaikan proses checkout, cukup dengan sekali klik. Seperti contoh pada Amazon dengan tombol “buy now with 1-click’.
Itulah 8 trik marketing ecommerce yang harus kamu ketahui, selamat memprakatekannya.

Share this :

Previous
Next Post »