Membuat situs ecommerce relatif mudah, tapi untuk membuatnya menjadi ecommerce kelas dunia tentunya tidak mudah.
Kira-kira faktor apa saja sih yang membuat situs ecommerce menjadi besar dan populer? Apakah produk? layanan pelanggan? profitabilitas? pertumbuhan?
Banyak pengamat mengatakan bahwa faktor-faktor tersebut memang sangat berpengaruh pada ecommerce, tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa atribut lainnya yang juga mempengaruhi.
Pertanyaannya adalah apakah mungkin kita bisa membuat ecommerce yang besar? Jawabannya adalah sangat mungkin!
Pada artikel kali ini, kami akan membahas 10 faktor penting untuk membuat situs ecommerce kelas dunia.
1. Fokus pada pelanggan
Internet telah berkembang begitu pesat. Hal ini memberikan akses yang mudah dan cepat bagi orang dalam mencari informasi produk, harga, pengiriman, ulasan, dan penilaian dari perangkat apapun dan dimanapun. Kenali siapa pelanggan kita, perlakukan mereka seperti yang diharapkan, berikan pengalaman yang maksimal, dan sediakan produk yang mereka butuhkan. Banyak toko online datang dan pergi, tapi satu yang bisa bertahan adalah yang mampu beradaptasi dengan pelanggan yang sudah ada dan mampu menarik pelanggan baru.
2. Merek
Merek adalah reputasi kita. Pastikan merek kita dikenal diberbagai media, seperti blog, sosial media, mesin pencari, marketplace, email, atau media-media lainnya. Tetap konsisten, tetap transparan. Pastikan merek bisa mencerminkan nilai dari produk kita dan bisa menarik bagi target audiens kita.
3. Toko online
Toko online adalah wajah dari bisnis kita. Ini merupakan satu-satunya titik poin yang banyak dilihat pelanggan. Buat desain situs ecommerce yang bisa menarik dan sesuai untuk target audiens dan produk kita. Tempatkan menu pencarian di halaman utama dan gunakan fitur pencarian faceted sehingga pengunjung bisa dengan cepat menemukan produk atau informasi yang mereka cari. Tawarkan juga sistem review dan rating, termasuk gambar menarik, deskripsi, dan rincian produk. Buat navigasi situs menjadi mudah dan buat menu cross-sells, up-sells, aksesoris, dan item terkait. Pastikan situs cepat ketika diakses, mendukung tampilan mobile, dan aman.
4. Produk
Apakah kita menjual produk yang sama dengan kompetitor? Jika iya, carilah yang baru. Carilah produk yang unik, atau jika memungkinkan buatlah merek sendiri. Jika kita menjual jenis produk komoditi, tawarkan produk unggulan lainnya. Buat harga yang kometitif dan tawarkan nilai lain diluar harga, seperti pengiriman gratis, pengembalian gratis, dan program hadiah.
5. Rantai pasokan
Rantai pasokan memegang peranan penting dalam siklus perdagangan ecommerce. Setelah kita menemukan produk yang tepat dan berkualitas yang memenuhi kebutuhan pelanggan, kita harus memastikan ketersediaan produk tersebut. Membeli dengan harga serendah mungkin dan melakukan re-order ketika membutuhkan re-stock adalah dua faktor krusial dalam pertumbuhan dan kesuksesan finansial yang berkelanjutan.
6. Karyawan
Jika ingin membangun perusahaan ecommerce yang besar dimulai dari pemilihan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. Hal ini berarti kita harus merekrut orang-orang dengan keahlian yang memang dibutuhkan, memperlakukan karyawan dengan baik, dan menyediakan lingkungan yang mendukung untuk terus berkembang.
7. Keuntungan
Terlepas dari pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan, kita tidak akan bisa menjadi perusahaan kelas dunia tanpa keuntungan. Banyak online retailers gagal dalam profitabilitas meskipun telah menunjukan pertumbuhan yang luar biasa. Berbicara soal keuntungan berarti berbicara tentang strategi bisnis dan manajemen keuangan yang matang. Perhatikan margin, biaya pengeluaran iklan, biaya sewa, biaya pengiriman, dll.
8. Inovasi
Bagi sebagian orang, perusahaan kelas dunia adalah inovator. Mereka mau mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Sedangkan online retailer adalah laboratorium. Dimana lagi kita bisa memiliki akses ke audiens di seluruh dunia, tempat untuk membuat penawaran, dan tools untuk mengukur keberhasilan? Cobalah inisiatif pemasaran baru, produk baru, dan situs-situs baru. Lakukan percobaan dengan strategi harga yang berbeda, menjual di pasar yang berbeda. Cobalah sesuatu yang baru setiap bulannya.
9. Infrastruktur
Ketika bisnis mulai terus berkembang, kita harus memikirkan infrastruktur. Jangan gunakan tools yang murah (platform ecommerce, sistem manajemen pemesanan, sistem keuangan) untuk menjalankan bisnis. Data warehouse tidak perlu bagus, tapi pastikan bahwa itu aman, fungsional, dan efisien. Jika perusahaan kita cukup besar untuk berinvestasi dalam otomatisasi, lakukan dengan benar dan dengan solusi yang scalable, bar coding, dan tidak pada akhirnya robotika.
10. Budaya
Kita tidak bisa menjadi perusahaan kelas dunia tanpa memiliki budaya pemenang. Apakah karyawan senang untuk bekerja? Apakah mereka merasa membuat kontribusi? Apakah ada transparansi dan komunikasi? Pastikan perusahaan kita memiliki budaya-budaya yang baik dan memiliki tujuan yang jelas.
Itulah 10 tips bagaimana membangun situs ecommerce kelas dunia. Disamping 10 faktor tersebut, mungkin masih ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.