Psikologi Warna: Inilah 3 Warna Populer Yang Banyak Digunakan Pada Website



Color-Psychology
Psikologi warna memiliki dampak yang sangat besar pada sebuah bisnis tentang bagaimana melihat, bagaimana respon mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan produk kita.
Percaya atau tidak, pemilihan warna merupakan faktor besar dalam keberhasilan bisnis online. Mari kita lihat beberapa fakta tentang ilmu psikologi warna yang bisa membantu kita untuk memiliih skema warna yang pas dan cocok untuk bisnis online.
Sebelumnya kita buat dulu premis bahwa semua warna itu bagus, tapi disini kita hanya akan fokus pada 3 warna populer yang sering di pakai pada website yaitu biru, hijau, dan oranye.
1. Biru adalah warna aman
Skema warna paling aman adalah biru. Setiap corak warna biru, atau kombinasi skema warna biru adalah efektif.
Apa yang dimaksud dengan ‘aman’?
Aman = Biru adalah warna favorit sebagaian besar orang, terlepas dari jenis kelamin, usia, dll.
Aman = Biru adalah warna untu simbol kepercayaan, otoritas, dan kehandalan.
Sebuah suvey menunjukan bahwa 57% pria dan 35% wanita menyukai warna biru.
1
Kenapa biru begitu populer? Warna biru langit cerah atau biru laut mencerminkan tentang keselamatan, kepercayaan, dan otoritas. Membuat banyak orang lebih memilih biru daripada warna yang lain.
Beberapa contoh situs/brand besar yang dominan menggunakan warna biru:
– Facebook
– Twitter
– LinkedIn
– Walmart
– Citibank
– Bank of America
– Chase Bank
– First American Home Warranty
– USAA
– New York Life
2. Hijau adalah warna pertumbuhan
2
Warna hijau biasanya identik dengan warna tanaman, dan semua tanaman itu pasti tumbuh.
Hijau adalah warna yang paling mudah bagi mata manusia untuk memproses. Ketika orang berpikir hijau, mereka otomatis berpikir tentang kesehatan, bersemangat, tumbuh, dan alami.
Beberapa contoh situs/brand besar yang dominan menggunakan warna hijau:
– Android
– Subway
– Envanto
– Starbucks
– BP
3. Oranye adalah warna bahaya
3
Oranye adalah salah satu warna yang agak berbahaya. Bahkan, beberapa psikolog warna mengatakan bahwa oranye adalah warna erat kaitannya dengan risk-taking.
Tapi disisi lain, warna oranye mencerminkan tujuan yang jelas, berenergi, semangat, kegembiraan, dan kadang-kadang mengandung risiko.
Beberapa contoh situs/brand besar yang dominan menggunakan warna oranye:
– Hubspot
– Harley Davidson
– The Home Depot
– Hootsuite
Meskipun oranye bukan warna atau skema logo favorit, tapi oranye merupakan warna yang bagus untuk CTA (Call to Action). Jika kita melihat, kebanyak dari tombol CTA adalah menggunakan warna oranye.
Itulah 3 warna populer yang banyak digunakan pada website berdasarkan dari psikologi warna.

Share this :

Previous
Next Post »