Adanya data yang canggih dan reporting tools bisa membantu memberikan pengetahuan yang luar biasa bagi para merchant. Etailers sekarang bisa mengukur sentimen konsumen dan bahkan memprediksi perilaku pembeli.
Meskipun tools tersebut sangat powerful, tapi jangan hanya bergantung pada tools saja. Merchants harus percaya dengan kemampuan menjangkau dan mengumpulkan feedback secara langsung dari pelanggan.
Mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan. Pada artikel berikut ini kita akan membahas tips dan tools apa saja yang digunakan untuk mengumpulkan komentar atau saran dari pelanggan.
1. Review produk
Tools rating dan review memungkinkan kita untuk mengumpulkan informasi per-item level. Tools ini bisa memberikan data tentang apa yang disukai atau yang tidak disukai pelanggan dari produk kita. Informasi tersebut sangat berguna dalam pengembangan produk, marketing, dan merchandising.
Review produk dan rating bisa membantu kita menentukan apakah harus memasukan warna, ukuran, atau fitur tertentu. Kita bisa menggunakan tools seperti Review-Script, Product Reviews, atau Advanced Reviews untuk mengumpulkan feedback atau sistem rating.
2. Sosial media monitoring
Melakukan monitoring sosial media khususnya komentar-komentar dan feedback dari pelanggan sangatlah penting. Selain mendapatkan wawasan tentang sentimen konsumen, meninjau serta menanggapi komentar di sosial media bisa meningkatkan reputasi perusahaan.
Paling tidak, merchants harus melacak sendiri komentar tentang perusahaan menggunakan fitur pencarian yang ada pada sosial media. Namun, ada beberapa social search engine yang bisa digunakan untuk memantau sosial media, salah satunya adalah Social Mentions dan UVRX yang memungkinkan kita untuk melakukan pencarian di berbagai situs sosial dan blog.
3. Email
Email memberikan kesempatan untuk terlibat lebih jauh (secara pribadi) dengan pelanggan. Hal ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan feedback pada produk atau layanan pelanggan.
Kebanyakan dari solusi email-marketing yang ada adalah dengan membuat penjawab otomatis yang akan memungkinkan untuk terlibat langsung dengan pelanggan dan mengumpulkan komentar dari pelanggan.
Zendesk adalah solusi dukungan pelanggan yang secara otomatis bisa mengirimkan pesan untuk meminta penilaian atau ulasan ke pelanggan setiap kali selesai melakukan pembelian/transaksi, sehingga dengan cara ini akan memudahkan kita dalam mengevaluasi layanan pelanggan perusahaan.
4. Live chat
Live chat berguna untuk memberikan layanan pelanggan secara real-time. Cara ini bisa membantu untuk mengetahui motif dibalik kunjungan setiap pembeli.
Selain itu, fitur ini memungkinkan kita untuk membuat rekomendasi produk yang lebih baik atau membantu pembeli dalam menjelajahi situs kita.
Ada beberapa platform live chat yang bisa kita coba, antara lain LiveChat, Website Alive, dan BoldChat. Platform ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan, dan menawarkan fitur pelaporan yang memberikan kita kemampuan untuk menganalisa bukan hanya data shopper, tetapi juga layanan pelanggan.
Itulah beberapa tips dan tools yang bisa kamu gunakan untuk terlibat langsung dan mendapatkan feedback dari pelanggan. Sudah tahukah anda cara mendapatkan Feedback? Jika belum silakan simak 5 Cara Untuk Mendapatkan Feedback Dari Customer Online.