SEO Onsite masih menjadi salah satu faktor paling penting, terutama untuk situs baru. Kuncinya adalah mengetahui apa yang harus dicari, bagaimana menulisnya, dan bagaimana untuk mengkonversinya menjadi penjualan.
Jika kamu ingin fokus pada SEO onsite, cobalah gunakan 5 tips berikut ini untuk membantu bersaing dengan retailer besar dan membantu untuk mengkonversi lebih banyak penjualan.
1. Kurangi penggunaan kata untuk diri sendiri (saya, aku)
Jika ingin lebih dekat dengan pelanggan sebaiknya kurangi menyebut diri sendiri seperti (saya, aku, -ku, dll). Sebaliknya gunakan kata-kata yang lebih akrab seperti kami, kita, kamu, anda. Dengan begitu pelanggan akan merasa bahwa kita seperti berada pada posisi mereka, sehingga pelanggan tidak lagi akan merasa sungkan. Keuntungan lainnya adalah kita bisa membangun kepercayaan dan ikatan yang kuat dengan pelanggan yang bisa menghasilkan lebih banyak konversi.
Berikut adalah beberapa contoh istilah atau deskripsi yang tanpa menggunakan kata untuk diri sendiri:
– Kami memiliki banyak pilihan gaun untuk Anda untuk berbagai acara
2. Tuliskan kegunaan produk untuk apa dan untuk siapa
Mungkin sebagian dari kita lupa bahwa untuk produk tertentu yang dijual bisa saja berbeda dari apa yang dipamerkan/ditawarkan.
Ada baiknya untuk tetap menuliskan deskripsi produk secara lengkap dengan menggunakan kata yang menarik agar menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Misal, jika menjual pakaian untuk anak-anak, maka buatlah deskripsi yang jelas seperti batasan umur, untuk pria atau wanita, dll.
3. Gunakan modifiers yang baik untuk menarik orang yang tepat
Modifiers adalah susuanan kata yang mengambil dari kata kunci atau frase yang dibuat menjadi sebuah kalimat utuh, dalam search engine sering disebut dengan long tail. Cara ini akan membantu pembeli menemukan produk kita dan melakukan lebih banyak penjualan. Buatlah daftar modifiers yang ingin digunakan dalam situs dan pastikan salah satu dari modifiers yang paling penting menjadi bagian dari struktur internal link. Kita bisa menyisipkan modifiers ke dalam halaman yang diinginkan. Selain itu kita juga bisa mengkombinasikan modifiers tersebut dengan PPC untuk meningkatkan lebih banyak traffic.
Berikut beberapa contohnya
Kata kunci: toko online
- Toko online terpercaya
- Toko online di indonesia
- Toko online aksesoris wanita murah
- Jasa pembuatan toko online terbaik
Bagaimana menghitung kepadatan kata kunci yang ideal? Hal ini memang tidak ada ketentuan baku, tapi minimal terdiri dari 350 kata. Kepadatan kata kunci yang terlalu minim atau berlebihan juga tidak bagus di mata search engine. Cara mudah untuk menemukan padanan kata kunci yang tepat adalah dengan melihat dari kompetitor, cari kesamaan yang ada. Kemudian modifikasi (ubah/tambahkan) sesuai dengan kata kunci kita. Usahakan untuk setiap halaman terdiri dari 350-400 kata. Tapi yang terpenting adalah tetaplah fokus untuk membuat konten yang berkualitas tinggi, tidak terlalu banyak mengulang-ngulang kata kunci, dan berikan pengalaman terbaik bagi pengguna.
5. Berikan bukti bahwa toko online terpercaya
Sekarang sudah banyak toko online yang mencantumkan gambar/ikon pengiriman gratis untuk pembelian diatas nominal tertentu, garansi uang kembali, dll. Beberapa juga mencantumkan sertifikat SSL untuk jaminan keamanan. Dengan selalu menampilkan ikon-ikon seperti pengiriman gratis, jaminan kepuasaan, atau pengiriman tepat waktu, akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Hal ini sangat bagus ditempatkan pada halaman kategori dan halaman produk.
Itulah 5 langkah jitu bagaimana mengoptimalkan content marketing untuk toko online. Smeoga bermanfaat.