Saat ini sosial media bukan hanya sekedar tempat untuk berbagi
status, foto, video, dan konten lainnya, tetapi juga telah menjadi tools bagi para marketers untuk melakukan pemasaran bisnis.
Pertanyaannya adalah bagaimanakah cara meningkatkan pemasaran menggunakan sosial media? Tools apa saja yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan pemasaran di sosial media? Berikut ini kami kumpulkan 10 tools sosial media yang paling banyak digunakan oleh beberapa marketers profesional.
1. Discover.ly
Discover.ly adalah ekstensi Chrome gratis yang memudahkan untuk melihat situs sosial media dari koneksi email kita dan bahkan cross-reference situs sosial lainnya.
Jadi, ketika kita berada di LinkedIn melihat profil seseorang, kita bisa melihat koneksi bersama di Facebook dan Twitter.
Hal ini sangat membantu untuk memastikan bahwa kita terhubung dengan orang-orang yang benar-benar kita inginkan atau untuk melihat bagaimana kita terhubung dengan seseorang yang baru dengan cara mendapatkannya dari koneksi bersama.
2. Snip.ly
Snip.ly adalah URL link shortener yang menawarkan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan call-to-action ketika diklik.
Pada dasarnya, hal ini sangat memungkinkan bagi kita untuk mempromosikan konten terbaik yang kita miliki atau berbagi konten yang bagus dari situs lain.
Untuk membuat Snip.ly, siapkan pesan call-to-action yang ingin di tampilkan dan hubungkan dengan URL yang terkait. Pastikan pesan tetap singkat dan mudah dibaca.
3. Tailwind
Menurut Pinterest, sebanyak 75% orang menggunakan smartphones dan tablets mereka hampir setiap harinya. Jadi, ini merupakan kesempatan untuk memaksimalkan post foto pada Instagram di Pinterest, dan begitupun sebaliknya. Mendorong para pengguna Pinterest untuk terhubung dengan akun Instagram kita.
Tailwind hadir sebagai solusi untuk melakukan pin dengan mudah dan melakukan penjadwalan foto Instagram ke Pinterest boards.
Tools ini memungkinkan kita untuk mengatur foto Instagram berdasarkan like, komentar, atau foto terbaru.
4. Overvideo
Overvideo adalah sebuah aplikasi iPhone yang bisa digunakan untuk membuat visual calls to action ketika kita memposting video ke Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube. Tools ini sangat membantu untuk membuat callouts dan overlays grafis untuk video hanya dalam hitungan detik.
5. Studio
Studio design app adalah aplikasi tambahan pengolah foto untuk Instagram. Kita bisa dengan mudah menambahkan desain berbasis teks pada foto. Selain itu, kita bisa mengkombinasikan desain dari orang lain yang kita sukai ke salah satu gambar.
6. Zoho SalesIQ
Zoho SalesIQ adalah platform website untuk pelacakan pengunjung yang memungkinkan kita terhubung dan terlibat dengan pengunjung website secara real-time.
Beberapa fitur Zoho diantaranya adalah penerjemah bahasa, kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan Zoho CRM (jika menggunakannya), dan parameter untuk mengklasifikasikan pengunjung berdasarkan berapa lama mereka berada di website, pengunjung yang kembali, dan klasifikasi lainnya.
Ketika chatting dengan pengunjung, kita bisa tahu dari mana saja pengunjung tersebut berasal.
7. Chase’s Calendar of Events
Ini adalah salah satu tools sosial media yang hebat tapi jarang digunakan oleh orang. Setiap hari adalah hari spesial. Chase’s adalah kalender online yang menyediakan ide-ide untuk percakapan dan konten. Hal ini termasuk:
8. Lower Third
Lower Third adalah aplikasi tambahan untuk Hangout yang memungkinkan kita untuk menambahkan banner grafis atau overlay dimana saja pada layar Hangout. Kita bisa membuat seperti penyiar berita dengan tata letak standar, yang memungkinkan untuk menambahkan nama dan tagline (biasanya digunakan untuk URL website).
9. Tagboard
Hashtag membantu marketers memulai dan melakukan percakapan pada event, topik, atau kampanye tertentu. Tagboard memberikan snapshot tentang sentimen untuk hashtag tertentu, sehingga kita busa melihat mana yang menghasilkan tingkat keterlibatan paling tinggi.
10. Atomic App
Atomic App adalah aplikasi yang menganalisis judul, ejaan, dan tata bahasa, dan tools ini akan memberikan nilai apakah konten kita telah ditulis secara benar. Aplikasi ini memberikan nilai keseluruhan dari 1 – 100. Semakin tinggi nilai yang diperoleh, berarti semakin baik pula konten yang kita buat.
Itulah 10 tools sosial media keren yang bisa kita gunakan untuk membantu meningkatkan pemasaran bisnis. Untuk toko online ada 10 Tools Wajib Yang Harus Digunakan Pemilik Toko Online yang bisa menjadi panduan toko online-mu. Semoga bermanfaat.
Pertanyaannya adalah bagaimanakah cara meningkatkan pemasaran menggunakan sosial media? Tools apa saja yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan pemasaran di sosial media? Berikut ini kami kumpulkan 10 tools sosial media yang paling banyak digunakan oleh beberapa marketers profesional.
1. Discover.ly
Discover.ly adalah ekstensi Chrome gratis yang memudahkan untuk melihat situs sosial media dari koneksi email kita dan bahkan cross-reference situs sosial lainnya.
Jadi, ketika kita berada di LinkedIn melihat profil seseorang, kita bisa melihat koneksi bersama di Facebook dan Twitter.
Hal ini sangat membantu untuk memastikan bahwa kita terhubung dengan orang-orang yang benar-benar kita inginkan atau untuk melihat bagaimana kita terhubung dengan seseorang yang baru dengan cara mendapatkannya dari koneksi bersama.
2. Snip.ly
Snip.ly adalah URL link shortener yang menawarkan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan call-to-action ketika diklik.
Pada dasarnya, hal ini sangat memungkinkan bagi kita untuk mempromosikan konten terbaik yang kita miliki atau berbagi konten yang bagus dari situs lain.
Untuk membuat Snip.ly, siapkan pesan call-to-action yang ingin di tampilkan dan hubungkan dengan URL yang terkait. Pastikan pesan tetap singkat dan mudah dibaca.
3. Tailwind
Menurut Pinterest, sebanyak 75% orang menggunakan smartphones dan tablets mereka hampir setiap harinya. Jadi, ini merupakan kesempatan untuk memaksimalkan post foto pada Instagram di Pinterest, dan begitupun sebaliknya. Mendorong para pengguna Pinterest untuk terhubung dengan akun Instagram kita.
Tailwind hadir sebagai solusi untuk melakukan pin dengan mudah dan melakukan penjadwalan foto Instagram ke Pinterest boards.
Tools ini memungkinkan kita untuk mengatur foto Instagram berdasarkan like, komentar, atau foto terbaru.
4. Overvideo
Overvideo adalah sebuah aplikasi iPhone yang bisa digunakan untuk membuat visual calls to action ketika kita memposting video ke Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube. Tools ini sangat membantu untuk membuat callouts dan overlays grafis untuk video hanya dalam hitungan detik.
5. Studio
Studio design app adalah aplikasi tambahan pengolah foto untuk Instagram. Kita bisa dengan mudah menambahkan desain berbasis teks pada foto. Selain itu, kita bisa mengkombinasikan desain dari orang lain yang kita sukai ke salah satu gambar.
6. Zoho SalesIQ
Zoho SalesIQ adalah platform website untuk pelacakan pengunjung yang memungkinkan kita terhubung dan terlibat dengan pengunjung website secara real-time.
Beberapa fitur Zoho diantaranya adalah penerjemah bahasa, kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan Zoho CRM (jika menggunakannya), dan parameter untuk mengklasifikasikan pengunjung berdasarkan berapa lama mereka berada di website, pengunjung yang kembali, dan klasifikasi lainnya.
Ketika chatting dengan pengunjung, kita bisa tahu dari mana saja pengunjung tersebut berasal.
7. Chase’s Calendar of Events
Ini adalah salah satu tools sosial media yang hebat tapi jarang digunakan oleh orang. Setiap hari adalah hari spesial. Chase’s adalah kalender online yang menyediakan ide-ide untuk percakapan dan konten. Hal ini termasuk:
- Hari nasional dan libur
- Bulan spesial
- Hari peringatan dan ulang tahun selebriti
8. Lower Third
Lower Third adalah aplikasi tambahan untuk Hangout yang memungkinkan kita untuk menambahkan banner grafis atau overlay dimana saja pada layar Hangout. Kita bisa membuat seperti penyiar berita dengan tata letak standar, yang memungkinkan untuk menambahkan nama dan tagline (biasanya digunakan untuk URL website).
9. Tagboard
Hashtag membantu marketers memulai dan melakukan percakapan pada event, topik, atau kampanye tertentu. Tagboard memberikan snapshot tentang sentimen untuk hashtag tertentu, sehingga kita busa melihat mana yang menghasilkan tingkat keterlibatan paling tinggi.
10. Atomic App
Atomic App adalah aplikasi yang menganalisis judul, ejaan, dan tata bahasa, dan tools ini akan memberikan nilai apakah konten kita telah ditulis secara benar. Aplikasi ini memberikan nilai keseluruhan dari 1 – 100. Semakin tinggi nilai yang diperoleh, berarti semakin baik pula konten yang kita buat.
Itulah 10 tools sosial media keren yang bisa kita gunakan untuk membantu meningkatkan pemasaran bisnis. Untuk toko online ada 10 Tools Wajib Yang Harus Digunakan Pemilik Toko Online yang bisa menjadi panduan toko online-mu. Semoga bermanfaat.