Inilah Cara Membaca dan Memahami Analytics Pada Google+ Dashboard

google-plus
Google+ adalah sebuah situs jejaring sosial milik Google Inc. Meskipun masih baru, Google+ dikabarkan telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna dari seluruh dunia.
Google+ sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, karena terintegrasi langsung dengan layanan Google Profile dan Google Buzz. Selain itu, Google+ juga memiliki fitur Google+ My Business atau Google Bisnisku.
Google Bisnisku adalah platform baru dari Google yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan secara langsung saat mereka melakukan pencarian dan langsung terkoneksi ke Google Maps dan Google+.
Pada artikel ini kita akan mencoba menggali lebih dalam bagaimana membaca dan memahami analytics pada Google+ Dashboard.

Google+ My Business Dashboard

Pada awalnya Google+ hanya memiliki fitur analytics yang terbatas. Tapi, saat ini Google+ telah menambahkan beberapa fitur baru diantaranya, Insight, Google Analytics, YouTube channel, dan Review.
Untuk mengakses Google+ Dashboard, buka halaman Google+ business, pada menu navigasi sebelah kiri pilih My Business.
1

1. Insight

2
Insight adalah fitur yang memberikan laporan keseluruhan dari halaman Google+ kita selama 30 hari terakhir. Insight menampilkan data berupa jumlah post view, post actions dan followers baru. Klik tombol View Insight untuk melihat lebih detail tentang Google+ business page activity.
Terdapat tiga tipe analisis dari Insight, yaitu Visibilty, Engagement dan i.
Visibility. Menampilkan history page view activity. Kita bisa menganalisis berdasarkan rentang tanggal tertentu (default 30 hari terakhir).
3
Engagement. Menunjukan berapa banyak jumlah +1, komentar dan share post kita.
4
Audience. Menunjukan pola pertumbuhan follower baru halaman Google+.
5

2. Google Analytics

6
Dibagian bawah menu Insight pada Google+ Dashboard, terdapat menu Google Analytics. Jika kita memiliki akun Google Analytics yang terhubung dengan website, pada halaman ini kita bisa melihat pengunjung baru, pengunjung unik, dan jumlah page view yang kita dapatkan selama 30 hari terakhir.

3. Review

7
Jika kita menyertakan alamat dan peta lokasi yang terhubung dengan halaman Google+, kita akan menemukan menu Review dibawah menu Google Analytics.
Review menampilkan penilaian rata-rata, jumlah total dari business reviews, Google reviews dan reviews dari situs lain.
Klik Manage Reviews untuk mengakses Inbox dan Analytics.
Inbox. Berisi tampilan untuk memantau dan menindak lanjuti setiap reviews yang masuk.
8
Analytics. Memberikan rincian lengkap dari mana sumber reviews berasal dan ratings dari setiap platform.
Baca juga8 Fitur Terbaik Yang Dirilis Google Analytics Di Tahun 2014
9

4. YouTube channel

10
Elemen terakhir dari Google+ Dashboard adalah YouTube channel. Jika memiliki YouTube channel yang terhubung dengan Google+, kita bisa melihat jumlah channel subscribers baru dan view dalam 30 hari terakhir.
Itulah bagaimana cara membaca dan memahami analytics pada Google+ Dashboard.

Share this :

Previous
Next Post »