Menurut laporan dari Statistika, sebanyak lebih dari 1 miliar orang di dunia telah melakukan pembelian secara online. Hal ini mungkin masih akan terus meningkat, seiring perkembangan internet dan gaya hidup yang semakin tinggi.
Tentu tujuan utama dari setiap bisnis ecommerce adalah untuk meningkatkan pangsa pasar mereka dan untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
Pada artikel ini, kita akan membahas 5 strategi jitu bagaimana mengubah pengunjung online menjadi pembeli.
1. Pasang iklan di Google AdWords
Promosi iklan saat ini masih dipandang sebagai cara yang paling efektif untuk mengkonversi lebih banyak pengunjung. Salah satunya adalah dengan memasang iklan di Google AdWords. Kenapa harus Google AdWords? Karena Google merupakan mesin pencari terbesar dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Artinya, hampir semua orang di dunia menggunakan Google untuk melakukan suatu pencarian, jika iklan kita bisa muncul di hasil pencarian Google bukankah itu jelas akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak konversi?
2. Pemasaran ulang
Berdasarkan penjelasan pada poin pertama diatas, dapat disimpulkan bahwa promosi iklan jelas bisa mendatangkan traffic yang besar ke situs kita. Dari traffic ini, kita bisa memaksimalkannya kembali dengan cara membuat pemasaran ulang. Mungkin kita akan mendapatkan lebih banyak konversi pada kunjungan pelanggan berikutnya, karena mereka telah tahu merek kita sebelumnya.
Yang harus dilakukan adalah buat tawaran menarik yang disesuaikan dengan pengunjung situs kita. Gunakan Google Analytics untuk membuat konten pemasaran ulang dengan melihat analisis dari pelanggan yang mengunjungi situs kita dari promosi iklan sebelumnya.
3. Hati-hati dalam menentukan harga
Strategi penetapan harga produk bisa membuat perbedaan besar dalam keberhasilan sebuah toko ecommerce. Semakin produk kita memiliki standar tinggi, semakin orang akan mempertimbangkan harganya sebelum membeli. Jangan lupa lakukan penelitian harga pasar saat ini sebagai perbandingan untuk beberapa harga produk kita.
4. Mobile-friendly
Saat ini penggunaan mobile traffic terus meningkat setiap harinya. Dalam banyak kasus, terkadang orang lebih senang melakukan pembayaran melalui ponsel daripada desktop. Hal ini tentu menuntut online shop yang tidak hanya bisa diakses dari komputer tetapi juga yang bisa mendukung pengguna mobile. Membangun sebuah situs web yang mendukung tampilan mobile sangat penting untuk memudahkan pengguna melakukan pembelian langsung dari ponsel mereka. Semakin mudah proses ini (termasuk navigasi website), maka bisa meningkatkan konversi dari pengguna mobile dan semakin banyak penjualan yang mungkin akan terjadi.
5. Buat express checkout
Jangan pernah mewajibkan pengunjung untuk mendaftar sebelum melakukan membeli. Karena ini adalah cara yang salah yang bisa menurunkan tingkat konversi. Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat express checkout.
Express checkout akan menghilangkan sekat antara kita dan pelanggan baru. Mereka bisa dengan mudah melakukan pembelian tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Meskipun begitu, kita tetap harus mendorong mereka untuk mendaftar di website kita setelah selesai melakukan pembayaran.
Itulah 5 strategi jitu bagaimana mengubah pengunjung online shop menjadi pembeli. Namun jangan hanya mementingkan pemasaran online saja, kenyamanan pembeli juga harus diutamakan berikut ada tips Strategi Pemasaran Online Shop vs Tingkat Kenyamanan Pembeli.
Tentu tujuan utama dari setiap bisnis ecommerce adalah untuk meningkatkan pangsa pasar mereka dan untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
Pada artikel ini, kita akan membahas 5 strategi jitu bagaimana mengubah pengunjung online menjadi pembeli.
1. Pasang iklan di Google AdWords
Promosi iklan saat ini masih dipandang sebagai cara yang paling efektif untuk mengkonversi lebih banyak pengunjung. Salah satunya adalah dengan memasang iklan di Google AdWords. Kenapa harus Google AdWords? Karena Google merupakan mesin pencari terbesar dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Artinya, hampir semua orang di dunia menggunakan Google untuk melakukan suatu pencarian, jika iklan kita bisa muncul di hasil pencarian Google bukankah itu jelas akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak konversi?
2. Pemasaran ulang
Berdasarkan penjelasan pada poin pertama diatas, dapat disimpulkan bahwa promosi iklan jelas bisa mendatangkan traffic yang besar ke situs kita. Dari traffic ini, kita bisa memaksimalkannya kembali dengan cara membuat pemasaran ulang. Mungkin kita akan mendapatkan lebih banyak konversi pada kunjungan pelanggan berikutnya, karena mereka telah tahu merek kita sebelumnya.
Yang harus dilakukan adalah buat tawaran menarik yang disesuaikan dengan pengunjung situs kita. Gunakan Google Analytics untuk membuat konten pemasaran ulang dengan melihat analisis dari pelanggan yang mengunjungi situs kita dari promosi iklan sebelumnya.
3. Hati-hati dalam menentukan harga
Strategi penetapan harga produk bisa membuat perbedaan besar dalam keberhasilan sebuah toko ecommerce. Semakin produk kita memiliki standar tinggi, semakin orang akan mempertimbangkan harganya sebelum membeli. Jangan lupa lakukan penelitian harga pasar saat ini sebagai perbandingan untuk beberapa harga produk kita.
4. Mobile-friendly
Saat ini penggunaan mobile traffic terus meningkat setiap harinya. Dalam banyak kasus, terkadang orang lebih senang melakukan pembayaran melalui ponsel daripada desktop. Hal ini tentu menuntut online shop yang tidak hanya bisa diakses dari komputer tetapi juga yang bisa mendukung pengguna mobile. Membangun sebuah situs web yang mendukung tampilan mobile sangat penting untuk memudahkan pengguna melakukan pembelian langsung dari ponsel mereka. Semakin mudah proses ini (termasuk navigasi website), maka bisa meningkatkan konversi dari pengguna mobile dan semakin banyak penjualan yang mungkin akan terjadi.
5. Buat express checkout
Jangan pernah mewajibkan pengunjung untuk mendaftar sebelum melakukan membeli. Karena ini adalah cara yang salah yang bisa menurunkan tingkat konversi. Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat express checkout.
Express checkout akan menghilangkan sekat antara kita dan pelanggan baru. Mereka bisa dengan mudah melakukan pembelian tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Meskipun begitu, kita tetap harus mendorong mereka untuk mendaftar di website kita setelah selesai melakukan pembayaran.
Itulah 5 strategi jitu bagaimana mengubah pengunjung online shop menjadi pembeli. Namun jangan hanya mementingkan pemasaran online saja, kenyamanan pembeli juga harus diutamakan berikut ada tips Strategi Pemasaran Online Shop vs Tingkat Kenyamanan Pembeli.